Teknik Menerapkan SEO ON PAGE

Teknik Menerapkan SEO ON PAGEPutramandar _--_ Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang trik SEO dimana seorang blogger pemula harus mampu menguasai atau memahami agar dapat bersaing di Search engine. Trik SEO ini adalah cara atau teknik blog untuk menjadi perangking di search engine untu itu khususnya blogger pemula harus memahaminya.

Sebelum kita masuk ke tema utama kita kali ini yaitu Trik dan Teknik Menerapkan SEO ON PAGE ada baiknya mengenal dahulu arti SEO dan apa manfaat dari pada SEO ON PAGE. SEO adalah serangkaian atau proses sistematis yang akan kita lakukan dengan harapan dan tujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung yang melalui mesin pencari. Sedangkan SEO ON PAGE  adalah suatu penerapan dengan optimasi mesin pencari pada home page, permalink pada sebuah web atau blog.

Untu memulai penerapan SEO ON PAGE langkah pertama kita adalah Men-setting Permalink. Pada dasarnya jika seseorang melakukan pencarian pada mesin telusur, yang sangat sangat google mengutamakan keyword dan domain atau URL sebuah web, selanjutnya judul atau title dan jika keduanya tidak ada, bisa di carikan pada deskripsi. Mengap men-setting Permalink, alasannya adalah karena pada dasarnya permalink atau URL standar atau default belum bagus dan tidak ber aturan contoh " http://www.salahtusukcabutlagi.com/?p=abc ", jika melihat url ini sangat belum teratur dan tidak ada tujuan pada title sebuah post yang dibuat, waw...ini sangat buruk sekali. solusinya adalah mengganti menjadi  " http://www.salahtusukcabutlagi.com/ atau  " http://www.salahtusukcabutlagi.com/p/cari-tempat-yang-nyaman.html " sesuai keinginan anda.

Content Quality.
Intinya adalah SEO ON PAGE adalah optimasi  dari web atau blog itu sendiri. SEO on PAGE dapat dikatakan kaki atau pondasi  sebuah web/ blog, semakin bagus web/blog itu disetting dengan seo on page maka kaki pondasi itu akan semakin kuat. Sehingga penerapan SEO ON PAGE ini merupakan hal atau tugas yang paling penting dalam membangun sebuah web/blog. Mungkin itulah penjelasan arti dari pada SEO dan SEO ON PAGE dan mari kita langsung ke tema utama kita..
Teknologi terbaru yang diciptakan google adalah salah satunya untuk mendeteksi bahwa konten kita bagus apa tidak, murni atau tidak, dan original atau tidak. Google sangat tidak suka website yang isinya hanya copy paste dan menjiplak sesuatu milik orang lain. Kemunculan Google Panda dan Penguin adalah untuk memberantas website-website yang memiliki low quality dan mengutamakan website yang benar-benar memiliki kualitas yang sangat bagus ( Height Quality ). Jika kita  membuat konten yang tidak fresh cepat atau lambat google akan mengetahuinya dan jika sudah seperti itu website kita terancam dalam mesin pencarian.
 
Mengoptimalkan Plugin.
Salah satu kelebihan menggunakan web/blog dengan cms wordpress adalah adanya fasilitas plugin.  Ini sangat penting dan akan sangat memudahkan kita karena semua tentang cara yang kita butuhkan untuk optimasi sebuah web/blog sudah di sediakan oleh developer pembuat plugin tersebut dan kita tinggal menginstalnya saja untuk menggunakan. Ada beberapa plugin penting untuk mendukung kinerja SEO
antara lain;
  • Heandspace2
Heandspace2 merupakan plugin seo manager yang mendukung dalam men-setting meta description pada sebuah website. Di dalam setting Headspace2 anda tinggal memasang label yang sesuai, bisa ditempatkan pada title, description, dan keywords.
  • All in One SEO Pack
All in ONE SEO PACK merupakan plugin management SEO yang populer dan salah satu yang terbaik. Plugin ini dapat membatu dalam menambahkan meta tags, uraian meta, keywords dan uraian robot.
  • SEO Friendly Image
SEO Friendly Image, merupakan salah satu plugin yang cukup baik untuk optimasi SEO pada gambar. Plugin ini berfungsi untuk memberikan alternate text dan title gambar yang tepat, alternate text atau yang sering di sebut ALT itu bisa dikatakan sebagai keyword pada gambar.
  • Google XML SiteMap
Google xml SiteMap, adalah plugin yang berfungsi untuk membantu pengindeksan web/blog pada mesin pencarian seperti google, yahoo, bing, dan lain sebagainya. Plugin ini dapat menentukan frekuensi mesin pencarian dan mengunjungi website kita, bisa setiap 1 jam, 1 hari dan seterusnya.
  • Dragon Design Sitemap Generator
Dragon Design Sitemap Generator, cara kerja plugin ini dengan membuat peta situs yang berbentuk XML, sehingga akan memudahkan mesin pencari untuk ter indeks blog kita. Lebih menariknya lagi peta situs itu dapat di tampilkan pada halaman lain yang nantinya berbentuk seperti daftar isi. Dengan Google Webmaster Tools merupakan layanan yang disediakan google dan berfungsi untuk me-management website kita, yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan website kita dan melakukan verifikasi, dengan begitu kita meng-konfirmasi bahwa website itu adalah milik kita. Di dalam Google webmaster tools terdapat layanan untuk monitoring kinerja website kita, apakah ada yang error, link yang rusak dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat melihat trafik yang ada, serta keyword mana yang paling efektif.

Desain Template Ringan Akses
Desain template yang baik adalah hasil desain yang simple, ringan, tidak membuat bingung pengunjung, tidak terlalu banyak iklan, dan dapat menjelaskan tema dari website tersebut. Salah satu kriteria nya adalah ringan, ini juga sangat penting karena pada dasarnya mesin pencari tidak menyukai website yang loadingnya lambat, selain itu pengunjung juga tidak akan sabar dan langsung menutup website kita.

Mungkin sampai di sini penjelasan tema kita kali ini yaitu Teknik Menerapkan SEO ON PAGE. Semoga apa yang ter coret di postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk semua dan pentingnya para blogger pemula untuk memahami agar menjadi blogger profesional. 
Salam

1 comment:

  1. mantap...makasi infonya ya..sangat bermanfaat.
    http://jitu-angka-setan.blogpot.com/

    ReplyDelete